7's level 5

7's level 5

Senin, 20 Juni 2011

Otaku

Otaku.? Well makna ini sudah tidak asing di telinga kita lagi. Mungkin banyak orang mengira bahwa otaku adalah sebutan untuk orang yang sangat menyukai anime dan manga. Tapi menurut Google, makna yang selama ini dipahami itu tampaknya salah.

Memang benar itu digunakan untuk orang yang sangat menyukai anime, manga, dan game. Tapi sebetulnya sebutan itu juga bisa digunakan untuk orang yang sangat menekuni hobinya, hobinya bisa bermacam-macam seperti komputer, mobil, gadget, DVD, HP, militer, polisi, senjata, atau apa saja deh. Biasanya sih otaku itu sangat lihai dalam bidangnya itu sendiri, maklum sih kan sedang menekuni hobinya sih. =.="

Otaku juga sering digunakan sebagai kata yang paling sopan dalam bahasa Jepang baku dalam percakapan antar penggemar anime, otaku berarti "anda" menurut kamus. Istilah otaku mulai digunakan oleh orang luar negeri sejak paruh kedua dekade 1990-an,  bahkan ada orang yang menyebut dirinya otaku. Ck ck ck

Pertama kali diperkenalkan oleh Kolumnis Nakamori Akio dan sebutan itu digunakan untuk penggemar berat subkultur seperti anime dan manga. Well, pada waktu itu sebutan otaku mulai berkembang sehingga sebutannya digunakan untuk pria lajang yang mempunyai hobi anime, manga, idol, permainan video, dan komputer pribadi tanpa mengenal batasan umur.

Masyarakat umum belum mengerti makna otaku pada masa itu, terkadang makna otaku ini menimbulkan dampak positif maupun negatif.

Yang negatif, sering digunakan untuk orang yang menekuni suatu bidang dan menggemari suatu subkultur yang letak bagusnya tidak bisa dimengerti masyarakat umum. Atau untuk orang yang kurang mampu berkomunikasi dan kurang bergaul dengan orang sekitar. Anak perempuan Jepang pun menggunakan istilah ini untuk anak lelaki yang tidak populer di kalangannya. Kadang juga sering dianggap sebagai konteks menyinggung perasaan, dan dikritik sebagai praduga atau tindakan diskriminasi terhadap seseorang. Wah parah juga ya dampak negatifnya... ~.~

Yang positif, makna ini menunjukkan seseorang yang sangat menekuni serta mendalami bidangnya itu sendiri  secara mendetail dan bahkan bisa membuat orang tersebut menjadi pakar di bidang tersebut dengan mencapai tingkat pengetahuan yang sangat tinggi.

Sebenarnya saya mau meluruskan semuanya setelah penjelasan ini, bahwa sebutan otaku itu digunakan untuk orang yang menekuni bidangnya itu sendiri. Dimohon jangan salah paham mengenai makna ini ya ^_^

Sangat jelas sekali bahwa ada beberapa di Jepang menggunakan otaku ini untuk para penggemar di luar konteks anime dan manga atau anda sendiri bisa menyebutnya "mania". Jadi otaku itu tidak selalu untuk orang yang menggemari anime dan manga.!

Beberapa sebutan yang ada antara lain sebagai berikut :

- Game-otaku
- Gundam-otaku (otaku mengenai robot Gundam)
- Gunji-otaku (otaku bidang militer)
- Pasokon-otaku (otaku komputer)
- Tetsudō-otaku (otaku kereta api alias Tecchan)
- Morning Musume-otaku (otaku Morning Musume alias Mō-ota)
- Jani-ota (otaku penyanyi keren yang tergabung dalam Johnny & Associates)
- Dll.

Mungkin anda juga  termasuk salah satunya.? hehe. tergantung dari minat anda terhadap hobi anda. Kalau aku sendiri.... ya masih ragu-ragu.

Link untuk informasi lebih lanjut :
Otaku (dalam bahasa indonesia)
Otaku (dalam bahasa inggris)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar