7's level 5

7's level 5

Selasa, 14 Juni 2011

Manga

Mungkin ada yang berpikir bahwa semua komik yang ada termasuk manga. Tapi sayangnya hal ini sedikit salah. Kenapa.? Itu karena pada negara-negara tertentu, komik seperti itu belum bisa disebut manga. Atau alasan lainnya adalah karena manga itu adalah sebutan yang digunakan untuk Jepang doank. Informasi lebih lanjut bisa anda dapat melalui blogku yang lain ini wordpress.com 

Kalau di Indonesia itu sendiri, ya namanya komik. Sedangkan di amerika, namanya Comic (dalam bahasa inggris), di korea namanya Manhwa (memang sebutannya begini kok :)), dan di cina namanya.... Aku lupa. :P

Tapi konsepnya memang seperti itulah. Tidak mungkin semua komik yang ada digolongkan manga. Sebab yang tergolong manga itu seperti onemanga,naruto, bleach, negima, dan lain-lain. Mudah sekali membedakan bahwa komik itu dari negara mana kok. Caranya.? lihatlah pada nama pengarangnya.

Kalau nama pengarang diucapkan atau dilihat seperti bahasa jepang, ya uda itu jawabannya komik itu dari Jepang. Memangnya mau dari negara mana.? Korea pun juga seperti itu. Kurasa anda sendiri sudah tahu hal ini sebelum aku kasih tahu, tapi setidaknya aku mau kasih tahu biar sadar... Hehe.

Ada sedikit informasi yang kudapatkan. Amerika juga membuat buku novel dalam bentuk komik, kelihatannya mirip light novel tapi bukan. Hal ini dinamakan Graphic Novel, yang jelas mengatakan bahwa novel itu dibuat dalam bentuk graphic tapi dalam bentuk komik. Jelas.? Kalau tidak jelas, dengan senang hati aku akan memberikan contoh gambarnnya.

















Seperti yang anda lihat atas, pasti anda merasa pernah melihatnnya di suatu toko buku. Yap itu adalah graphic novel, sesuai dengan yang anda pernah lihat. Jelas sekali bahwa komik ini dibuat dengan menggunakan komputer sepenuhnya. Berbeda dengan Jepang yang menggunakan kertas dan pena langsung. Rasanya aku tetap lebih menyukai Jepang dikarenakan gayanya yang bagus dibandingkan Amerika sih.... Semua orang pasti berkomentar kayak gini lah... Bagaimana aku bisa bilang lagi

Tapi kalau soal game 3D, amerika memang paling top. Nah kembali ke topik, setelah amerika sekarang korea. Rasanya jarang dibaca ya, tapi setidaknya aku tahu beberapa komik Manhwa dan diantaranya yang bagus untuk dibaca adalah

-The breaker
-The breaker : New Waves (sekuel)
-Shin Angyo Onshi
-Island
-Defense Evil
-Sun-ken Rock
-Dll. (lho.? ya karena terlalu banyak sih)

Atau kamu sendiri bisa mencari lewat mangafox atau apalah dengan nama pengarang yang kugemari sebagai berikut : Youn In-Wan dan Yang Kyung-il (bekerja sama), Boichi, Jeon Geuk-jin dan Park Jin-hwan (sama seperti sebelumnya), dll. Well beberapa yang kusebutkan seharusnya sudah cukup dah.

Oya, mengenai benua eropa. Mereka juga tidak ketinggalan lho, ada sih beberapa nama yang seharusnya aku ingat... Tapi aku lupa... Haha :P

Tapi rasanya sudah cukup lah informasinya untuk hari ini. Bye then.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar