7's level 5

7's level 5

Sabtu, 18 Juni 2011

Dating Sim Game atau Galge

Melihat judul bernama "Dating Sim Game atau Galge", tepat seperti apa yang anda pikirkan saat ini. Itu adalah permainan simulator. Biasanya kebanyakan berasal dari Jepang (negara lain juga ada kok seperti amerika, china, thailand, korea selatan, dll) dan hampir semuanya dengan genre atau elemen romantic, ya kan judulnya Dating Sim.! Well sebenarnya aku belum pernah mencoba bermain game ini, tapi kedengarannya menarik ya.?

Kata orang sih, kamu bisa melakukan apa saja yang kamu suka dalam game ini untuk mengambil atau mendapat hati cewek atau dengan kata lain membuat cewek menjadi pacarmu dengan segala cara yang kamu bisa andalkan. Contohnya kamu bisa dapat dalam manga The World God Only Knows (TWGOK), hehe tapi kalau ingin tahu cara bermainnya kamu bisa mengambil contoh yang paling pas yaitu Visual Novel.

Kelihatannya mirip karena dalam visual novel kamu bisa diberi berbagai macam pilihan yang ada untuk menghibur, iseng, atau apa saja untuk mendapatkan hati cewek tersebut. Mungkin ada sedikit salah paham di bagian ini, visual novel dan dating sim itu berbeda satu sama lain meskipun cara bermainnya sama. Cuma Tujuannya beda, kalau visual novel cuma untuk dibaca saja sedangkan dating sim ya untuk dimainkanlah. Cukup jelaslah. Hehe

Atau kalau kamu bosan tipe "visual novel" karena hanya harus membaca dialog saja dan klik-klik ini itu. Ada kok tipe yang lain, bisa bergerak bebas sana sini dan kamu bisa menggerakkan tokoh utamanya dengan bebas. Contohnya GTA, Persona 4, dan lain-lain. Ini cuma contoh tapi di dalamnya ada pacaran jadi "hampir" tergolong dating sim (menurutku sih, belum tentu benar).

Kalau tergolong dating sim, rasanya semua cerita musti mengenai romance.! Tidak ada kekerasan sama sekali. Well, kebanyakan mengenai kehidupan sehari-hari yang sangat biasa tapi dapat dikendalikan oleh anda. Hmm, kurasa penjelasan yang singkat ini sudah cukup ya.

Setahu saya, kebanyakan dating sim ini dimainkan di Nintendo DS, PSP, dan komputer. Kalau mengenai PS2, saya kurang tahu mengenai hal ini. Dan selain itu, dating sim ada dibuat khusus untuk cowok dimana di dalam game tersebut tokoh utamanya adalah cowok yang anda akan kendalikan dan sebaliknya khusus untuk cewek dimana di dalam game tersebut tokoh utamanya adalah cewek. Bedanya, yang khusus untuk cowok, cowok harus mencari pacar cewek sedangkan untuk cewek, ya harus cari pacar cowoklah.

Game terbaru yang saat ini anda dapat nikmati pada Nintendo DS yaitu Love Plus+, game ini cukup terkenal di Jepang dan banyak dimainkan. Ada tiga cewek yang anda dapat pilih sebagai pacarmu yaitu Rinko, Nene, dan Manaka (sesuai urutan dari kiri ke kanan dalam gambar di bawah)




Ini adalah game Nintendo DS, yes (?).



Jika anda jeli, ini adalah iPhone, ya mungkin juga bisa dimainkan di iPhone.


Game ini terkenal dikarenakan Real-time nya. Pas main di Nintendo DS, anda musti menyesuaikan waktunya dengan DS itu supaya di dunia game itu bisa berganti latar belakang (siang, sore, dan malam) sesuai dengan waktu yang anda setel. Tidak hanya itu, mengingat bahwa DS adalah touch screen, anda sendiri bisa "memegang" tangannya, dan "mencium" bibirnya. Ada lagi, kadang juga dia sering minta kamu mengatakan "I love you". Well, memang aneh nih gamenya. Tapi jika ingin mencoba, ya silahkan coba....

Note : game ini sudah diadaptasi menjadi manga, jadi silahkan baca ya. Cukup bagus lho =)

4 komentar:

  1. wkwkwkw kyaknya in game khusus buat jomblo aja deh.. lucu banget kayaknya neh game

    BalasHapus
  2. nice..,

    kunjungi juga : http://de-azha.blogspot.com/2015/01/game-galge-gba-love-hina-advance.html

    BalasHapus
  3. nih tulisan ane gk bisa baca :V

    BalasHapus